Kegiatan Pelayanan Jemput Bola yang dilaksanakan oleh Ditjen Dukcapil yang berkolaborasi bersama Dukcapil Provinsi dan Dukcapil Kabupaten Manokwari

DISTRIK MASNI- Tim Pemerintah Pusat yaitu Ditjen Kependudukan dan Kemnetrian Dalam Negeri, Kasubdit Pendaftaran Penduduk berkolaborasi dengan Disdukcapil Provinsi Papua Barat dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Manokwari melaksanakan  kegiatan Jemput Bola Layanan Administrasi Kependudukan di Distrik Masni yang tersebar di 32 Kampung.

Adapun Pelayanan Administrasi Kependudukan, yang terdiri dari :
1.Pelayanan Kartu Keluarga
2.Pelayanan Aktivasi IKD
3.Pelayanan Akta Kelahiran
4.Pelayanan Akta Kematian
5.Pelayanan Akta Perkawinan
6.Pelayanan Akta Perceraian
7.Pelayanan SKPWNI
8.Palayanan Perekaman KTP
9.Pelayanan Pencetakan KTP
10.Pelayanan Pencetakan KIA

Kegiatan Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi Masyarakat Distrik Masni yang tersebar di 32 Kampung, Pelayanan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 s.d 18 Juli 2024, bertempat di Aula Kantort Distrik Masni Kabupaten Manokwari.

Pada aski Jebol Administrasi Kependudukan ini, Ditjen Kependudukan berjumlah 5 Orang yaitu Kasubdit Pendaftaran Penduduk, Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Operator Teknis sebanyak 3 (tiga) orang. Sementara dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Papua Barat terdiri dari 5 orang tenaga teknis dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari yang terdiri dari 5 orang tenaga teknis. Dilengkapi dengan 1 (satu) set alat rekam KTP milik Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, 1 (satu) set alat perekaman KTP milik Dinas Dukcapil Provinsi Papua Barat, 1 (set) alat rekam KTP milik Dinas Dukcapil Kabupaten Manokwari.

Turut hadir dalam kegiatan pelayanan administrasi kependudukan :

  • Ketua Pokja Adat Majelis Rakyat Papua (MRP) mewakili MRP dalam
    memberikan arahan terkait Data Orang Asli Papua (OAP)
  • Kepala Distrik Masni Kabupaten Manokwari beserta staf, memberikan
    dukungan penuh terhadap kegiatan pelayanan adminduk.

Kepala Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Papua Barat, dr. Ria Maria Come, M.Ling menjelaskan, Jebol Administrasi Kependudukan merupakan program inovasi dari Ditjen Dukcapil Kemendagri di Seluruh Indonesia. Tahun ini terdapat dua kabupaten di Papua Barat yang mendapatkan bantuan, yakni Fak-Fak dan Manokwari.

dijelaskan dr. Ria, setiap tahun ada intervensi langsung dari Ditjen Dukcapil terhadap Provinsi atau daerah-daerah yang dinilai cakupan administrasinya secara keseluruhannya masih rendah.

"Tahun ini Papua Barat hanya mendapatkan 1 daerah yakni Kabupaten Fak-Fak. Hanya saja ada permintaan dari Ketua Pokja Adat, MRPB, Musa Mandacan dan Kepala Disdukcapil Kabupaten Manokwari, Rustam Efendi meminta perhatian adminduk bagi orang asli papua, Akhirnya kita di Papua Barat mendapatkan perhatian untuk dua daerah, yakni Fak-Fak dan Manokwari," kata dr. Ria kepada Tabura Pos di sela-sela kegiatan.

Berikut ini Hasil Pelayanan Administrasi Kependudukan

a. Hasil Pelayanan hari pertama tanggal 15 Juli 2024 sebagai berikut:

1. Pelayanan Kartu Keluarga 194
2. Pelayanan Aktivasi IKD 2
3. Pelayanan Akta Kelahiran 104
4. Pelayanan Akta Kematian 6
5. Pelayanan Akta Perkawinan 6
6. Pelayanan Akta Perceraian 1
7. Pelayanan SKPWNI 45
8. Palayanan Perekaman KTP 58
9. Pelayanan Pencetakan KTP 276
10. Pelayanan Pencetakan KIA 101
JUMLAH DOKUMEN 793

b. Hasil Pelayanan hari kedua tanggal 16 Juli 2024 sebagai berikut:

1. Pelayanan Kartu Keluarga 201
2. Pelayanan Aktivasi IKD 2
3. Pelayanan Akta Kelahiran 122
4. Pelayanan Akta Kematian 8
5. Pelayanan Akta Perkawinan 5
6. Pelayanan Akta Perceraian 0
7. Pelayanan SKPWNI 50
8. Palayanan Perekaman KTP 56
9. Pelayanan Pencetakan KTP 367
10. Pelayanan Pencetakan KIA 101
JUMLAH DOKUMEN  912

c. Hasil Pelayanan hari ketiga tanggal 17 Juli 2024 sebagai berikut:

1. Pelayanan Kartu Keluarga 53
2. Pelayanan Aktivasi IKD 1
3. Pelayanan Akta Kelahiran 82
4. Pelayanan Akta Kematian 3
5. Pelayanan Akta Perkawinan 1
6. Pelayanan Akta Perceraian 0
7. Pelayanan SKPWNI 44
8. Palayanan Perekaman KTP 58
9. Pelayanan Pencetakan KTP 286
10. Pelayanan Pencetakan KIA 72
JUMLAH DOKUMEN   600

d. Hasil Pelayanan hari keempat tanggal 18 Juli 2024 sebagai berikut:

1. Pelayanan Kartu Keluarga 255
2. Pelayanan Aktivasi IKD 1
3. Pelayanan Akta Kelahiran 176
4. Pelayanan Akta Kematian 14
5. Pelayanan Akta Perkawinan 8
6. Pelayanan Akta Perceraian 0
7. Pelayanan SKPWNI 76
8. Palayanan Perekaman KTP 102
9. Pelayanan Pencetakan KTP 507
10. Pelayanan Pencetakan KIA 155
JUMLAH DOKUMEN   1.294

e. Rekapitulasi hasil Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dari tanggal 15 s.d 18 Juli 2024

1. Pelayanan Kartu Keluarga 703
2. Pelayanan Aktivasi IKD 6
3. Pelayanan Akta Kelahiran 484
4. Pelayanan Akta Kematian 31
5. Pelayanan Akta Perkawinan 20
6. Pelayanan Akta Perceraian 1
7. Pelayanan SKPWNI 215
8. Palayanan Perekaman KTP 274
9. Pelayanan Pencetakan KTP 1436
10. Pelayanan Pencetakan KIA 429
JUMLAH DOKUMEN    3.599

 


Share :

Tidak ada tag terkait.